Pesantren di Atas ‘Awan’ akan Dibangun di Subang


Subang, NU Online

Bupati Subang, H Ruhimat atau Kang Jimat dikabarkan akan membangun pesantren di daerah Subang selatan, Jawa Barat yang bernuansa pegunungan dengan pesona alamnya yang cukup indah dan memukau bahkan dalam kondisi cuaca tertentu lokasinya seolah berada di atas awan.

Rencana pembangunan pesantren ini diungkapkan oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Subang, KH Musyfiq Amrullah saat meninjau lokasi lahan milik H Ruhimat yang akan dijadikan sebagai pesantren di puncak bukit Nyomot, Kecamatan Serangpanjang, Subang.

“Beliau sengaja membawa para kiai ke sini di antaranya untuk mendoakan agar pembangunan pesantren bisa segera terealisasi dengan cepat dan lancar sehingga bisa menjadi investasinya untuk kehidupan akhirat kelak,” imbuh Pengasuh Pesantren Attawazun itu, Ahad lalu.

Ketua PCNU Subang dua periode itu mengatakan bahwa H Ruhimat yang punya latar belakang pengusaha sawit ini sudah menyiapkan dua hektar lahannya untuk pembangunan pesantren dan jika dibutuhkan bisa menambah beberapa hektar lagi.

“Pak Bupati sudah merintis kegiatan pesantren tahfidz Al-Qur’an di rumahnya di Serangpanjang dan sudah diikuti oleh puluhan santri dari kalangan anak yatim dan dhuafa,” tambahnya.

Selain survei lokasi, Kiai Musyfiq mengungkapkan bahwa dalam kegiatan tersebut Ruhimat mewacanakan akan segera membuat Peraturan Bupati (Perbup) tentang zakat yang isinya agar warga Subang khususnya para ASN bisa mengeluarkan zakatnya melalui Baznas Subang.

“Beliau mengharapkan dengan adanya Perbup ini bisa menyelamatkan masyarakat muslim Subang dari hisab Allah akan hartanya pada hari kiamat kelak,” tandasnya.

Ruhimat mengatakan, saat ini pihaknya sedang berupaya dalam mewujudkan beberapa program bantuan untuk puluhan kelompok petani dan peternak, di antaranya adalah bantuan peternakan sapi dan kredit usaha rakyat.

Sementara itu, H Ruhimat saat meninjau lokasi lahannya mengungkapkan bahwa sudah sejak lama ia ingin mendirikan lembaga pendidikan khususnya lembaga pendidikan Islam yang diharapkan kelak bisa memberikan manfaat untuk masyarakat terlebih lagi untuk warga Subang.

“Lahan ini tersebar di beberapa Kecamatan, yaitu Kalijati, Cipeundeuy, Dawuan, Serangpanjang dan Sagalaherang,” ujar H Ruhimat yang didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Dadang Kurnianudin yang ditugaskan untuk mengurus legalitas pesantren.

Selain pesantren, kata dia, lahan ini juga akan digunakan untuk beberapa program yang berorientasi pada kepentingan masyarakat di antaranya untuk petani dan peternak.

“Kita sedang berikhtiar agar sebagian lahan ini bisa dikelola oleh 30 kelompok masyarakat petani dan 30 kelompok masyarakat peternak,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua MUI Subang, KH Abdu Manaf, Ketua JATMAN Subang, KH Dadan Hamdani dan Ketua PW JRA Jawa Barat, KH Luthfi Al-Maghribi Ketua MWCNU Purwadadi, K Totoh Bustanul Arifin.

Kontributor: Aiz Luthfi

Editor: Fathoni Ahmad



NU Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *