IPNU DKI Jakarta Peringati Haul ke-33 Pendiri IPNU KH Tholhah Mansur

SENIN, 30 SEPTEMBER 2019 – 21:28

Jakarta, Nu Jakarta.Com  – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama DKI Jakarta (IPNU DKI Jakarta) peringati Haul ke-33 Almarhum pendiri IPNU KH Tholhah Mansur di Kantor PWNU DKI Jakarta, Minggu, (29/9/2019).

Mantan Sekretaris PP IPNU ke-3, KH. Munsif Nachrowi yang hadir dalam peringatan Haul KH Tholhah Mansur ini sempat menceritakan bagaimana awal perjuangan mendirikan IPNU.

KH Munif Nachrowi adalah adik kelas Kiai Tholhah saat mondok di Malang. Usianya terpaut 5 tahun dengan KH Tholhah Mansur. Kiai Munif lahir 1935 dan Kiai Tholhah lahir 1930.

“Pada saat 1 tahun setelah terbentuk, PP IPNU yang saat itu berkedudukan di Yogyakarta mengirim utusan ke PBNU untuk menyampaikan maksud mengadakan muktamar IPNU yang pertama. Bahkan PBNU bukan hanya mendukung dengan jawaban iya. Tapi, PBNU langsung menemui presiden Soekarno untuk memohon kehadirannya di Muktamar IPNU. Dan presiden Soekarno pun menyetujui untuk hadir,” katanya menceritakan perjalanan IPNU waktu itu. 

Saat itu belum ada televisi, hanya ada RRI. Dan acara muktamar IPNU disiarkan secara langsung di RRI. “Waktu itu “Prang-orang di luar NU heran, IPNU yang baru setahun berdiri sudah dihadiri Presiden Bung Karno,” imbuhnya. 

Munif Nahrowi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh IPNU DKI Jakarta ini, karena baginya, ini adalah yang pertama diadakannya Haul KH Tolhah Mansur dikalangan IPNU sendiri.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Nyai Zunatul Mafruchah, salah satu putri Kiai Tolhah Mansur. Dalam kesempatan itu, dia  memberikan kenang-kenangan kepada IPNU DKI berupa buku terjemah Burdah yang ditulis oleh KH Tolhah Mansur.

Dia juga sempat bercerita tetang keseharian Kiai Thohah Mansur sebagai seorang ayah dan seorang tokoh yang penuh dengan kesederhanaan.

Turut hadir juga pada acara Haul ke-33 pendiri IPNU KH Tholhah Mansur ini, Idy Muzayyad mantan Ketum IPNU periode 2006 – 2009, H. Abdul Azis Suaedi ketua MA IPNU DKI Jakarta, Ibu HJ. Hizbiyah Rochim Ketua PW Muslimat NU DKI Jakarta, Muhammad Said dan Ubaidillah Sadewa sebagai senior IPNU dan sejulmah senior IPNU lainnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *