Fordaf Bogor Luncurkan ‘Nyantri Keren’ untuk Daiyah Profesional


Bogor, NU Online
Pendidikan agama bagi masyarakat dimaknai sebagai kegiatan dakwah yang esensinya mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari kejahatan sehingga timbul kemaslahatan. Dakwah bertujuan untuk mengajak orang lain supaya melakukan perbuatan baik, sedangkan kemaslahatan merupakan usaha untuk menjadikan masyarakat lebih baik dalam arti luas, baik aspek material maupun spiritual.

 

Sebagai upaya mencetak pendakwah yang moderat dan paham tentang ke-NU-an dan keaswajaan Pengurus Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Bogor melalui Forum Daiyah Fatayat (Fordaf) menggelar kegiatan ‘Nyantri Keren’.

 

Ketua pelaksana kegiatan yang juga sebagai Ketua Fordaf Kabupaten Bogor, Lilis Fauziah Balqis menjelaskan, kegiatan Nyantri Keren merupakan acara pelatihan dan pembinaan calon da’iyah yang sifatnya berkelanjutan.

 

“Untuk hari Ahad 14 Maret ini adalah peluncuran perdana program. Rencananya program ini akan dilaksanakan dalam beberapa pertemuan dengan total sekitar 13 materi tentang dakwah dan bekal untuk menyelaminya,” ujar Doktor dari PTIQ Jakarta ini, Ahad, (14/3).

 

Ditambahkan, dengan kegiatan ini dia berharap perempuan memperjuangkan dua hal yakni harokah dan dakwah. Sebab, menurutnya selama ini perempuan dalam dakwah masih  sepuluh persen yang memegang media. Sehingga, dia berharap perempuan bisa memenuhi kekosongan daiyah yang selama ini didominasi dai.

 

“Sehingga perempuan bisa lebih menyampaikan lebih dalam hal fiqih perempuan, sosial dan ekonomi, begitu pun dalam harakah,” ujarnya.

 

Hadir dalam kegiatan peluncuran program sebagai Narasumber, Ketua PCNU Kabupaten Bogor, KH Aim Zaimmudin, Anggota DPR RI, Tommy Kurniawan. Dalam paparannya Ketua PCNU lebih detail menjelaskan terkait ke-NU-an dan ke-Aswaja-an sebagai pegangan wajib para daiyah Annahdliyah. 

 

Sementara itu, artis yang juga wakil anggota DPR RI, Tommy Kurniawan memberikan tips dalam public speaking. “Semua ada triknya agar jadi daiyah yang tidak demam panggung dan menguasai materi, tentunya dengan persiapan matang dan percaya diri,” ujarnya.

 

Usai peluncuran program yang dilaksanakan hari ini, kegiatan lanjutan Nyantri Keren akan dilaksanakan pekan depan dengan tema dan narasumber berbeda sesuai dengan kompetensi masing-masing. 

 

Kontributor: Nidhomatum MR
Editor Kendi Setiawan



NU Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *